Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Oleh : M. Qowiyuddin Shofi*
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji
dan mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar
mahasiswa. Peneliti memilih objek kelas Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)
Angkatan 2010 STKIP PGRI Jombang yaitu PBSI Angkatan 2010-B yang berjumlah ±50
mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode angket dengan cara menyebar
angket kepada beberapa mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap motivasi
belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Hasil penelitian
menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet
terhadap motivasi belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang.
Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi lagi dalam pemanfaatan internet
sehingga dapat meningkatan motivasi belajar mahasiswa untuk mengoptimalkan
proses pembelajaran.
Kata kunci: Pemanfaatan
Internet, Motivasi Belajar.
Pendahuluan
Dalam era globalisasi saat ini
perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat diikuti oleh kemajuan teknologi
informasi mempengaruhi segala bidang salah satunya bidang pendidikan. Seorang
mahasiswa harus mampu mengikuti pembelajaran baik dengan menggunakan fasilitas
berupa material seperti buku dan literatur lain seperti internet. STKIP PGRI
Jombang sebagai pencetak SDM pendidikan yang berkualitas sudah memanfaatkan
internet dalam proses pembelajarannya. Salah satu bentuk dukungan proses
pembelajaran berbasis internet adalah melengkapi fasilitas untuk akses ke
internet berupa hotspot dan warnet kampus yang dapat diakses mahasiswa
di area kampus sehingga mempermudah mahasiswa dan dosen untuk mengakses
informasi dari internet.
Peneliti akan memberikan
gambaran bagaimana pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber informasi
dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia (PBSI) Angkatan 2010-B dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti memilih
objek penelitian karena mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B adalah mahasiswa yang
sudah cukup lama mengalami proses pembelajaran di STKIP PGRI Jombang, sehingga
mempunyai banyak pengalaman dalam hal pencarian informasi baik untuk
memperdalam ilmu, mengerjakan tugas kuliah dan menambah wawasan. STKIP PGRI
Jombang menyediakan fasilitas tersebut guna untuk mengikuti perkembangan
zaman yang bertujuan mencetak out put mahasiswa berkualitas dan
seharusnya dapat menjadi contoh bagi kampus atau universitas lain yang belum
memiliki fasilitas yang memadai. Oleh karena itu sangat penting sekali
permasalahan ini untuk diteliti. Agar nanti keberadaan internet dalam dunia
pendidikan terutama di STKIP PGRI Jombang benar-benar memberikan dampak positif
bagi kualitas generasi penerus bangsa ini dan menjadi contoh bagi kampus atau
universitas lain agar tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.
Kajian pustaka dalam
penelitian ini berupa kajian teori tentang pemanfaatan internet. Internet yaitu
komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu
dan wilayah tak terbatas (Darma, 2009: 01). Dewasa ini, penggunaan internet
telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi,
pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan.
Para akademisi merupakan
salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet. Aneka
referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet
tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu
mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas
kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search
engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Pemanfaatkan
jaringan internet sebagai sumber dan sarana pembelajaran, dapat
diimplemetasikan sebagai point-point berikut (Adri, 2007: 04):
a. browsing
b. resourcing
c. searching
d. consulting dan communicating
Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada
siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkahlaku, pada
umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai
peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi
belajar dapat diklasiļ¬kasikan sebagai berikut: (1) adanya hasrat dan keinginan
berhasil; (2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar; (3) adanya harapan
dan cita-cita masa depan; (4) adanya perhargaan dalam belajar; (5) adanya
kegiatan yang menarik dalam belajar; (6) adanya lingkungan belajar yang
kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik (B. Uno, 2008: 23).
Untuk memotivasi
mahasiswa dalam belajar tidak harus diperoleh hanya di dalam kelas atau dari
dosen saja, tetapi dapat pula diperoleh dari media dari luar misalnya dunia
internet. Mahasiswa dalam mengakses informasi melalui jaringan internet dapat
menggunakan fasilitas hot spot dan
warnet yang telah disediakan oleh STKIP PGRI Jombang yang berada di area
kampus. Melalui jaringan internet seorang mahasiswa dapat memperoleh berbagai
macam informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan
internet merupakan jaringan komputer yang terkoneksi secara global di seluruh
dunia. Belajar melalui internet juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan
pada diri mahasiswa serta dapat mengikuti perkembangan zaman dan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi yang semakin maju.
Belajar melalui internet
memungkinkan dapat memotivasi belajar mahasiswa yang tinggi, karena melalui
internet mencari informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta data
informasi yang didapat sebagian besar bersifat up to date sehingga mempermudah mahasiswa dalam belajar dan
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Fasilitas yang disediakan internet
juga sangat mendukung keberhasilan belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas
yang diberikan oleh dosen serta tugas akhir perkuliahan yaitu membuat karya
ilmiah berupa skripsi karena merupakan sumber daya informasi yang hampir tak
terbatas.
Dalam penelitian perlu
adanya tujuan yang berfungsi sebagai acuan pokok terhadap masalah yang
diteliti, sehingga peniliti akan dapat bekerja secara terarah dalam mencari
data sampai pada langkah pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh
pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang.
Hasil
Penelitian
Setelah data penelitian dianalisis dan
memperoleh kesimpulan langkah selanjutnya adalah melakukan interprestasi.
Interprestasi merupakan langkah untuk mendeskripsikan atau menyajikan hasil
analisis data. Berdasarkan berbagai langkah penelitian yang disajikan
sebelumnya dan hasil analisis data dapat diinterprestasikan bahwa terdapat
pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap motivasi mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2010-B STKIP PGRI
Jombang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa
PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Oleh karena itu perlu adanya
optimalisasi lagi dalam pemanfaatan internet sehingga dapat meningkatan
motivasi belajar mahasiswa untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
Salah satu fungsi
internet yang sangat diminati dewasa ini adalah tersedianya layanan penelusuran
terhadap informasi ilmiah sebagai bahan referensi kuliah atau untuk memperdalam
materi serta menambah wawasan. Ini sesuai dengan hasil penelitian yang
menunjukkan pemanfaatan internet berpengaruh terhadap motivasi belajar
mahasiswa khususnya sebagai salah satu sumber informasi dalam proses
pembelajaran. Melalui internet, mahasiswa dapat sangat mudah dan cepat
memperoleh informasi ilmiah dibandingkan penelusuran terhadap informasi ilmiah
tercetak. Pada lingkungan akademik, internet sangat diandalkan oleh para
mahasiswa dalam memperoleh bahan-bahan atau materi perkuliahan yang dapat
menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Jika sebelumnya
informasi berbasis cetak merupakan bahan yang banyak digunakan oleh mahasiswa
dan dosen, sekarang telah tersedia format baru dalam bentuk digital melalui
web.
Untuk memotivasi
mahasiswa dalam belajar tidak harus diperoleh hanya di dalam kelas atau dari
dosen saja, tetapi dapat pula diperoleh dari media dari luar misalnya dunia
internet. Mahasiswa dalam mengakses informasi melalui jaringan internet dapat
menggunakan fasilitas hot spot dan
warnet yang telah di sediakan oleh STKIP PGRI Jombang yang berada di area
kampus. Berdasarkan hasil penelitian didapat informasi bahwa melalui jaringan
internet seorang mahasiswa dapat memperoleh berbagai macam informasi untuk
mendukung proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan internet merupakan jaringan
komputer yang terkoneksi secara global di seluruh dunia. Belajar melalui
internet juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pada diri mahasiswa serta
dapat mengikuti perkembangan zaman dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang
semakin maju, ini sesuai dengan misi pertama STKIP PGRI Jombang.
Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan belajar melalui internet memungkinkan dapat memotivasi
belajar mahasiswa cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh yang
signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Karena melalui internet mencari informasi dapat dilakukan dengan cepat dan
mudah serta data informasi yang didapat sebagian besar bersifat up to date sehingga mempermudah
mahasiswa dalam belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Fasilitas
yang disediakan internet juga sangat mendukung keberhasilan belajar mahasiswa
dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen serta tugas akhir perkuliahan
yaitu membuat karya ilmiah berupa skripsi karena merupakan sumber daya
informasi yang hampir tak terbatas.
Simpulan
Berdasarkan hasil dan analisis data,
serta pengujian yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan
sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar
mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang terdapat pengaruh yang
signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa
Program Studi Pendidikan Pendidikan bahasa dan sastra indonesia Angkatan 2010
STKIP PGRI Jombang.
Berdasarkan hasil dari
penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh antara pemanfaatan internet
terhadap motivasi belajar mahasiswa maka perguruan tinggi STKIP PGRI Jombang
hendaknya lebih mendorong dosen untuk memanfaatankan internet dengan optimal,
salah satunya dengan menganjurkan agar dosen memanfaatkan internet untuk
mendukung kegiatan pembelajaran seperti menggunakan informasi yang ada di
internet untuk melengkapi atau memperkuat materi yang akan disampaikan, dosen
menganjurkan mahasiswanya untuk mengirimkan hasil tugasnya melalui email untuk mempermudah dan
mempersingkat waktu dalam pengumpulkan tugas.
Mahasiswa sebagai calon
pendidik masa depan, hendaknya
memanfaatkan internet yang ada dengan optimal dan bijaksana, seperti
memanfaatkan internet untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan,
memperdalam materi kuliah, serta tidak menggunakannya hanya untuk bermain-main
seperti game online dan jejaring
sosial yang tidak ada gunanya kecuali jejaring sosial untuk mendiskusikan
tentang materi dan tugas kuliah.
Daftar
Rujukan
Adri, Muhammad. 2007. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber
Pembelajaran. Padang: IlmuKomputer.Com
(http://directory.umm.ac.id/tik/Pemanfaatan
_Internet_sebagai_Sumber_Pembelajaran.pdf)
[28
Juni 2013]
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: analisis
di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darma, Jarot S., Shenia
Ananda. 2009. “Buku Pintar Menguasai
Internet”. Jakarta: Mediakita.
Hadinata, Yonas. 2010. “Penelitian Dampak Positif dan Negatif Dari
Internet Bagi Siswa SLTP Palangka Raya”. (http://umpukakahsig.blogspot.com/)
[28 Juni 2013]
Komentar
Posting Komentar