Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa



PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Oleh : M. Qowiyuddin Shofi*

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa. Peneliti memilih objek kelas Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2010 STKIP PGRI Jombang yaitu PBSI Angkatan 2010-B yang berjumlah ±50 mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode angket dengan cara menyebar angket kepada beberapa mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi lagi dalam pemanfaatan internet sehingga dapat meningkatan motivasi belajar mahasiswa untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

Kata kunci: Pemanfaatan Internet, Motivasi Belajar.


Pendahuluan
Dalam era globalisasi saat ini perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat diikuti oleh kemajuan teknologi informasi mempengaruhi segala bidang salah satunya bidang pendidikan. Seorang mahasiswa harus mampu mengikuti pembelajaran baik dengan menggunakan fasilitas berupa material seperti buku dan literatur lain seperti internet. STKIP PGRI Jombang sebagai pencetak SDM pendidikan yang berkualitas sudah memanfaatkan internet dalam proses pembelajarannya. Salah satu bentuk dukungan proses pembelajaran berbasis internet adalah melengkapi fasilitas untuk akses ke internet berupa hotspot dan warnet kampus yang dapat diakses mahasiswa di area kampus sehingga mempermudah mahasiswa dan dosen untuk mengakses informasi dari internet.
Peneliti akan memberikan gambaran bagaimana pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber informasi dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2010-B dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti memilih objek penelitian karena mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B adalah mahasiswa yang sudah cukup lama mengalami proses pembelajaran di STKIP PGRI Jombang, sehingga mempunyai banyak pengalaman dalam hal pencarian informasi baik untuk memperdalam ilmu, mengerjakan tugas kuliah dan menambah wawasan. STKIP PGRI Jombang menyediakan fasilitas tersebut guna untuk mengikuti perkembangan zaman  yang bertujuan mencetak out put mahasiswa berkualitas dan seharusnya dapat menjadi contoh bagi kampus atau universitas lain yang belum memiliki fasilitas yang memadai. Oleh karena itu sangat penting sekali permasalahan ini untuk diteliti. Agar nanti keberadaan internet dalam dunia pendidikan terutama di STKIP PGRI Jombang benar-benar memberikan dampak positif bagi kualitas generasi penerus bangsa ini dan menjadi contoh bagi kampus atau universitas lain agar tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.
Kajian pustaka dalam penelitian ini berupa kajian teori tentang pemanfaatan internet. Internet yaitu komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah tak terbatas (Darma, 2009: 01). Dewasa ini, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan.
Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Pemanfaatkan jaringan internet sebagai sumber dan sarana pembelajaran, dapat diimplemetasikan sebagai point-point berikut (Adri, 2007: 04):
a.     browsing
b.    resourcing
c.     searching
d.    consulting dan communicating
Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkahlaku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi belajar dapat diklasiļ¬kasikan sebagai berikut: (1) adanya hasrat dan keinginan berhasil; (2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar; (3) adanya harapan dan cita-cita masa depan; (4) adanya perhargaan dalam belajar; (5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar; (6) adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik (B. Uno, 2008: 23).
Untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar tidak harus diperoleh hanya di dalam kelas atau dari dosen saja, tetapi dapat pula diperoleh dari media dari luar misalnya dunia internet. Mahasiswa dalam mengakses informasi melalui jaringan internet dapat menggunakan fasilitas hot spot dan warnet yang telah disediakan oleh STKIP PGRI Jombang yang berada di area kampus. Melalui jaringan internet seorang mahasiswa dapat memperoleh berbagai macam informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan internet merupakan jaringan komputer yang terkoneksi secara global di seluruh dunia. Belajar melalui internet juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pada diri mahasiswa serta dapat mengikuti perkembangan zaman dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin maju.
Belajar melalui internet memungkinkan dapat memotivasi belajar mahasiswa yang tinggi, karena melalui internet mencari informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta data informasi yang didapat sebagian besar bersifat up to date sehingga mempermudah mahasiswa dalam belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Fasilitas yang disediakan internet juga sangat mendukung keberhasilan belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen serta tugas akhir perkuliahan yaitu membuat karya ilmiah berupa skripsi karena merupakan sumber daya informasi yang hampir tak terbatas.
Dalam penelitian perlu adanya tujuan yang berfungsi sebagai acuan pokok terhadap masalah yang diteliti, sehingga peniliti akan dapat bekerja secara terarah dalam mencari data sampai pada langkah pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang.

Hasil Penelitian
Setelah data penelitian dianalisis dan memperoleh kesimpulan langkah selanjutnya adalah melakukan interprestasi. Interprestasi merupakan langkah untuk mendeskripsikan atau menyajikan hasil analisis data. Berdasarkan berbagai langkah penelitian yang disajikan sebelumnya dan hasil analisis data dapat diinterprestasikan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang. Oleh karena itu perlu adanya optimalisasi lagi dalam pemanfaatan internet sehingga dapat meningkatan motivasi belajar mahasiswa untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
Salah satu fungsi internet yang sangat diminati dewasa ini adalah tersedianya layanan penelusuran terhadap informasi ilmiah sebagai bahan referensi kuliah atau untuk memperdalam materi serta menambah wawasan. Ini sesuai dengan hasil penelitian yang menunjukkan pemanfaatan internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa khususnya sebagai salah satu sumber informasi dalam proses pembelajaran. Melalui internet, mahasiswa dapat sangat mudah dan cepat memperoleh informasi ilmiah dibandingkan penelusuran terhadap informasi ilmiah tercetak. Pada lingkungan akademik, internet sangat diandalkan oleh para mahasiswa dalam memperoleh bahan-bahan atau materi perkuliahan yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Jika sebelumnya informasi berbasis cetak merupakan bahan yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen, sekarang telah tersedia format baru dalam bentuk digital melalui web.
Untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar tidak harus diperoleh hanya di dalam kelas atau dari dosen saja, tetapi dapat pula diperoleh dari media dari luar misalnya dunia internet. Mahasiswa dalam mengakses informasi melalui jaringan internet dapat menggunakan fasilitas hot spot dan warnet yang telah di sediakan oleh STKIP PGRI Jombang yang berada di area kampus. Berdasarkan hasil penelitian didapat informasi bahwa melalui jaringan internet seorang mahasiswa dapat memperoleh berbagai macam informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan internet merupakan jaringan komputer yang terkoneksi secara global di seluruh dunia. Belajar melalui internet juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pada diri mahasiswa serta dapat mengikuti perkembangan zaman dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin maju, ini sesuai dengan misi pertama STKIP PGRI Jombang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan belajar melalui internet memungkinkan dapat memotivasi belajar mahasiswa cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa. Karena melalui internet mencari informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta data informasi yang didapat sebagian besar bersifat up to date sehingga mempermudah mahasiswa dalam belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Fasilitas yang disediakan internet juga sangat mendukung keberhasilan belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen serta tugas akhir perkuliahan yaitu membuat karya ilmiah berupa skripsi karena merupakan sumber daya informasi yang hampir tak terbatas.

Simpulan
Berdasarkan hasil dan analisis data, serta pengujian yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukkan  terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa PBSI Angkatan 2010-B STKIP PGRI Jombang terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Pendidikan bahasa dan sastra indonesia Angkatan 2010 STKIP PGRI Jombang.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa maka perguruan tinggi STKIP PGRI Jombang hendaknya lebih mendorong dosen untuk memanfaatankan internet dengan optimal, salah satunya dengan menganjurkan agar dosen memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan pembelajaran seperti menggunakan informasi yang ada di internet untuk melengkapi atau memperkuat materi yang akan disampaikan, dosen menganjurkan mahasiswanya untuk mengirimkan hasil tugasnya melalui email untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengumpulkan tugas.
Mahasiswa sebagai calon pendidik masa depan,  hendaknya memanfaatkan internet yang ada dengan optimal dan bijaksana, seperti memanfaatkan internet untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, memperdalam materi kuliah, serta tidak menggunakannya hanya untuk bermain-main seperti game online dan jejaring sosial yang tidak ada gunanya kecuali jejaring sosial untuk mendiskusikan tentang materi dan tugas kuliah.



Daftar Rujukan

Adri, Muhammad. 2007. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Padang: IlmuKomputer.Com (http://directory.umm.ac.id/tik/Pemanfaatan
_Internet_sebagai_Sumber_Pembelajaran.pdf) [28 Juni 2013]

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darma, Jarot S., Shenia Ananda. 2009. “Buku Pintar Menguasai Internet”. Jakarta: Mediakita.

Hadinata, Yonas. 2010. “Penelitian Dampak Positif dan Negatif Dari Internet Bagi Siswa SLTP Palangka Raya”. (http://umpukakahsig.blogspot.com/) [28 Juni 2013]


* Mahasiswa PBSI 2010-B. NIM 106.336.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK DASAR DAN BENTUK ASAL

RAHWANA

Aku (maha)siswa